PPG UNJ

Lapor Diri PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 Tahun 2021

Lapor Diri PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 Tahun 2021

Universitas Negeri Jakarta sebagai LPTK yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara PPG. Pada tahun 2021 UNJ akan menyelenggarakan PPG sebanyak 4 angkatan. Untuk Angkatan 1 sebanyak 385 calon mahasiswa PPG dengan 6 bidang studi yaitu:

JADWAL PELAKSANAAN PPG ANGKATAN 1 TAHUN 2021 :

Waktu lapor diri, pengisian biodata dan upload dokumen untuk ANGKATAN 1 mulai tanggal 24 sd  25 Maret 2021 secara online  (link lapor diri akan di infokan pada group Telegram PPG angkatan 1)

Persyaratan Lapor Diri :

  • Scan asli Format A1 (format diunduh dari SIMPKB) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (FormatA1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah)
  • Scan asli Pakta Intergritas (format diunduh dari SIMPKB) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (PaktaIntegritas_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_PaktaIntegritas_Asal Sekolah)
  • Biodata Mahasiswa, sesuai format PD DIKTI (terlampir
  • Scan asli Surat pernyataan Ijin Kepala Sekolah (format diunduh dari SIMPKB), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (Suratizin_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah) 
  • Scan asli Ijazah S1, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (IJASAH S1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  • Scan asli Transkrip Nilai , Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (TRANSKRIP S1Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  • Scan asli Kartu Identitas (KTP), Tipe File PDF maksimal 1 MB. contoh penamaan dokumen (KTP_NIK_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  • Scan Pas Foto Berwarna :
    1. Foto Terbaru, Berwarna Latar Merah/Background Merah
    2. Foto dengan Kualitas Baik, Resolusi Tinggi (tidak pecah-pecah, bukan menggunakan foto lama yang sudah ada,) disarankan untuk tidak menggunakan kamera Handphone
    3. Foto berukuran 4 x 6
    4. Tipe File JPG maksimal 1 MB
    5. Pakaian :
    • Bagi Laki-Laki: Berjas formal gelap (Hitam), berdasi, kemeja putih dan tidak berpeci. (Nama File foto (PasFoto_NAMA_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
    • Bagi Perempuan: Berjas formal atau blazer gelap (Hitam), jilbab putih dan kemeja putih. (Nama File foto (PasFoto_NAMA_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)

  • Scan SKCK (Polres / Polsek), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SKCK_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  • Scan Surat Keterangan Sehat (dari Puskesmas/RSUD setempat) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SUKET_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  • Scan Surat Bebas NAPZA (dari BNN/Kepolisian/Puskesmas/RSUD setempat) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan (NAPZA_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  • Scan asli NPWP (bagi yang memiliki), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (NPWP_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)

CATATAN :

  1. Data yang kosong  atau salah pada format A1 dan Pakta Integritas. Perlu diketahui bahwa data tersebut langsung dari Pusat bukan dari LPTK.  Data yang kosong dapat ditambahkan secara manual. Data yang salah bisa dibetulkan dengan cara dicoretdiparaf lalu dibetulkan agar tetap terlihat data sebelumnya.
  2. No UKG dapat dilihat pada format A1 yang dapat diunduh pada laman SIMPKB )
  3. Ijin Kepala Sekolah bagi guru yg sudah pindah sekolah/mutasi (dengan syarat masih dalam lingkungan Kemendikbud) dimintakan kepada Kepala Sekolah yang baru dengan pembetulan data seperti di atas.
  4. Selalu mengingat username dan password yang digunakan masuk SIMPKB. Pelaksanaan PPG akan selalu menggunakan username dan password tersebut. (username dan password yang dimaksud sama dengan yang digunakan untuk login mencetak format A1 dan Pakta Integritas)