PPG UNJ

INFORMASI AWAL & LAPOR DIRI PPG DALAM JABATAN ANGKATAN III TAHUN 2023

INFORMASI AWAL & LAPOR DIRI PPG DALAM JABATAN ANGKATAN III TAHUN 2023

INFORMASI AWAL & LAPOR DIRI PPG DALAM JABATAN ANGKATAN III TAHUN 2023

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 menyebutkan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sehubungan dengan Hal tersebut, Bagi calon mahasiswa PPG UNJ Angkatan III tahun 2023 yang telah melakukan Kesedian di SIM-PKB dan akan ditetapkan oleh GTK Kemendikbudristek untuk segera bergabung ke group WAG :

NoBidang StudiLink WAG
1Pendidikan Jasmani dan KesehatanKLIK
2Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD)KLIK
3Bimbingan dan KonselingKLIK
4Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)KLIK
5BiologiKLIK
6Bahasa ArabKLIK
7EkonomiKLIK
8FisikaKLIK
9KimiaKLIK
10MatematikaKLIK
11Bahasa InggrisKLIK
12GeografiKLIK
13Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)KLIK
14Bahasa IndonesiaKLIK
15Pendidikan Luar BiasaKLIK
16Pendidikan PancasilaKLIK
17SejarahKLIK
18Seni RupaKLIK
19SosiologiKLIK
20Teknik ElektronikaKLIK
21Teknik Energi TerbarukanKLIK
22Teknik Geologi PertambanganKLIK
23Teknik MesinKLIK
24Teknik Pengelasan dan Fabrikasi LogamKLIK

Waktu lapor diri, pengisian biodata dan upload dokumen untuk ANGKATAN III mulai tanggal 11 sd 14 November 2023 secara online  pada link berikut http://penmaba.unj.ac.id:8083/ppg/login (User Name = NoUKG & Password = NoUKG)

Persyaratan Lapor Diri :

  1. Scan asli Format A1 yang telah ditandangani Kepala Sekolah dan distemple basah (bila peserta berstatus Kepala Sekolah maka ditandatangi pihak Yayasan bagi guru di sekolah swasta, dan pihak Dinas Pendidikan bagi guru disekolah negeri). format A1 diunduh dari SIMPKB Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (FormatA1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah)
  2. Scan asli Pakta Intergritas yang telah ditandatangi peserta di atas materai Rp 10.000. format diunduh dari SIMPKB. Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (PaktaIntegritas_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  3. Biodata Calon Mahasiswa, sesuai format PD DIKTI (akan di input pada saat lapor diri)  
  4. Scan Surat pernyataan Ijin Kepala Sekolah/Pimpinan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan tahun 2023. Format diunduh dari SIMPKB. Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (Suratizin_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah) 
  5. Scan asli Ijazah S1, (bila Ijazah mengandung kesalahan penulisan Data Ijazah silahkan lampirkan keterangan perbaikan data dari LPTK asal S! bila memang ada) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (IJASAH S1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  6. Scan asli Transkrip Nilai , Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen, (TRANSKRIP S1_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  7. Scan asli Kartu Identitas (KTP/SIM), Tipe File PDF maksimal 1 MB. contoh penamaan dokumen (KTP_NIK_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  8. Scan Pas Foto Berwarna :
    • Foto Terbaru, Berwarna Latar Merah/Background Merah (Kode Warna Background https://www.color-hex.com/color/ff0000)
    • Foto dengan Kualitas Baik, Resolusi Tinggi (tidak pecah-pecah, bukan menggunakan foto lama yang sudah ada,) disarankan untuk tidak menggunakan kamera Handphone
    • Foto berukuran 4 x 6
    • Tipe File JPG maksimal 1 MB
    • Pakaian :
    • Bagi Laki-Laki: Berjas formal gelap (Hitam), berdasi, kemeja putih dan tidak berpeci. (Nama File foto (PasFoto_NAMA_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
    • Bagi Perempuan: Berjas formal atau blazer gelap (Hitam), jilbab putih dan kemeja putih. (Nama File foto (PasFoto_NAMA_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  1. Scan NPWP, Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (NPWP_nama_NOUKG_BidangStudiPPG_AsalSekolah)
  2. Scan Asli SKCK (Kepolisian Setempat), Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SKCK_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG)
  3. Scan Asli Surat Keterangan Sehat (dari Puskesmas/RSUD setempat) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan dokumen (SUKET_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)
  4. Scan Asli Surat Bebas NAPZA (dari BNN/Kepolisian/Puskesmas/RSUD setempat) Tipe File PDF maksimal 1 MB, contoh penamaan (NAPZA_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG)
  5. Scan Asli SK Kepegawaian, Tipe File PDF maksimal 1 MB,Scan penamaan dokumen (SKKepegawaian_Nama_NoUKG_BidangStudiPPG_Asal Sekolah)

CATATAN :

  1. Data yang kosong  atau salah pada format A1 dan Pakta Integritas. Perlu diketahui bahwa data tersebut langsung dari Pusat bukan dari LPTK.  Data yang kosong dapat ditambahkan secara manual. Data yang salah bisa dibetulkan dengan cara dicoretdiparaf lalu dibetulkan agar tetap terlihat data sebelumnya.
  2. SK Kepegawaian terakhir bagi guru honorer berasal dari SK dari Bupati/Provinsi/Dinas Pendidikan/Kepala Sekolah yang apabila dirasa kurang, bisa ditambah dengan SK pembagian tugas sekolah terakhir (untuk mengurangi ukuran file, bisa dilampirkan hanya lembar awal, lembar yang ada nama Bapak/Ibu, dan halaman pengesahan). Bagi guru PNS atau Guru Tetap Yayasan sudah jelas.
  3. No UKG dapat dilihat pada format A1 yang dapat diunduh pada laman SIMPKB )
  4. Ijin Kepala Sekolah bagi guru yg sudah pindah sekolah/mutasi (dengan syarat masih dalam lingkungan Kemendikbud) dimintakan kepada Kepala Sekolah yang baru dengan pembetulan data seperti di atas.
  5. Selalu mengingat username dan password yang digunakan masuk SIMPKB. Pelaksanaan PPG akan selalu menggunakan username dan password tersebut. (username dan password yang dimaksud sama dengan yang digunakan untuk login mencetak format A1 dan Pakta Integritas)